GALLERY
Foto Alben -Album Foto

CERITA ANDREAS

Saya berasal dari Jerman. Hubungan saya dengan Indonesia bermula saat saya berkunjung ke sebuah sekolah tinggi di Sumatera Utara bersama grup dosen dan mahasiswa Jerman dari universitas saya.

Dua tahun kemudian grup dosen dan mahasiswa dari sekolah tinggi itu sebaliknya berkunjung ke universitas saya di Jerman. Demikian saya berteman dengan beberapa orang Indonesia dan saya sangat ingin kembali ke Indonesia untuk berjumpa mereka untuk berkeliling di negeri. mereka.

Untunglah beberapa tahun kemudian saya mendapat kesempatan untuk mengajar bahasa Jerman di sebuah universitas di Sumatera Utara, yakni persis di kota yang saya sudah kenal sebelumnya. Selain itu saya menemukan kesempatan untuk menyelenggarakan proyek kerjasama antara sebuah universitas Jerman dan sebuah universitas di Jawa Tengah. Jadi sebelum pandemi Covid saya dua kali memimpin grup mahasiswa Jerman untuk bepergian ke Indonesia dengan cara yang agak mirip dengan yang saya alami dulu.



     Foto: Andreas Kurschat


CERITA DYAH:
INDONESIA, SEMAKIN JAUH MALAH SEMAKIN KUKENAL


Saya asal Indonesia,  tinggal di Eropa sejak 1992, di Jerman dan Spanyol ... jauh dari Indonesia. Tetapi justru karena jauh dari Indonesia, saya jadi banyak ingin tahu tentang negara saya sendiri.

Tahun 2003 saya mendirikan IKAT, agentur budaya dan bahasa Indonesia. Saya banyak membuat acara panggung budaya dan banyak belajar tentang budaya Indonesia yang belum saya kenal sebelumnya. Indonesia sangat luas, untuk bisa kenal semua tempat dan tradisinya akan butuh waktu yang sangat panjang.

CERITA GIORGIO
TENTANG INDONESIA dan BATIK

Ketika saya pertama kali di Indonesia saya melihat banyak orang dengan pakaian sangat elegan, dengan motif dan kombinasi warna yang sangat indah dan harmonis. Ketika saya bertanya kepada teman-teman pakaian apa itu, mereka menjawab, itu batik.

Karena itu, di Jogjakarta, saya mengikuti kursus batik yang singkat. Itu sangat lucu dan mendidik. Tapi saya juga mengerti bahwa membuat batik sangat sulit. Saya sangat terkesan pada wanita wanita di sana, yang membuat  batik secara, profesional. Mereka menghasilkan  karya-karya yang sangat indah, dengan kompleksitas yang luar biasa!  Ketika saya mencoba membatik sendiri, hal yang sulit sekali. Bekerja keras dan banyak berlatih diperlukan untuk bisa membatik. Mungkin suatu hari saya akan mencoba lagi...

Foto: Giorgio Gonnella
Workshop Batik di Jogjakarta









CERITA STEFAN

Di Hamburg saya pernah melihat pertunjukan Wayang dari grup Gamelan KJRI Hamburg. Ada Dalang bernama Pak Maharsi, sangat mahir memainkan wayang, Ada cerita tentang Rama dan Sinta, cerita seperti Romeo dan Juliet.

Sejak saat itu saya selalu menonton pertunjukan Wayang dan konser gamelan dari grup ini. Saya sebenarnya ingin ikut latihan gamelan, tetapi saya tidak punya waktu di hari latihan .


Namaku HARALD BRAUN, tinggal di Köln, aku sudah sangat sering liburan di Indonesia. Tempat favoritku adalah Medan, Yogyakarta dan Makassar. Aku pernah menikah dengan orang Indonesia, sekarang sudah bercerai.

Dalam salah satu perjalananku dari Medan ke Danau Toba aku melelui Pemantang Siantar. Aku sangat suka Pemantang Siantar dan memiliki hubungan khusus dengan Siantar. Di Mesjid Siantar aku menjadi Mualaf, berpindah keyakinan dari kristen ke Islam.

Semoga bisa segera terbang ke Indonesia lagi dan bertemu teman-teman lagi.

Foto: Harald Braun


CERITA TOM

Topeng Reog ini besar sekali. Namanya Reong Ponorogo, karena berasal dari daerah bernama Ponorogo. 

Topeng ini dipakai dengan cara menggigitnya!   Saya pernah memakainya di sebuah karnaval. Grup Indonesia menang dengan penampilan Reog Ponorogo di Karnaval Hamburg, di Karnaval FRankfurt dan menjadi juara 1 di karnaval budaya di Braunschweig.


CERITA HELGA:
Ini minuman favoritku waktu berkunjung ke Jakarta:
Jus Alpukat di Restoran Dapur Sunda.

Bahan:
1/4/seperempat buah alpukat
2sdt gula
1/2setengah gelas air putih
jikai ingin lebih kental, bisa ditambah susu kental manis coklat (opsional)
Es batu.

Cara Membuatnya:
Aduk semua bahan sampai tercampur rata.Saya sangat menyukai minuman ini sampai tidak bisa melupakannya dan mencari resepnya.

Salam dan selamat mencoba  Helga🙋‍♀️

Foto: Helga


AYO BERI JUDUL FOTO INI!

AYO BERI JUDUL UNTUK FOTO INI!